Apa itu Root pada Android ? Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

      Seperti yang kita sudah ketahui , salah satu Sistem Operasi Mobile yang paling banyak digunakan sekarang adalah si Robot Gedek alias si Robot Ijo. Selain karena Sistmnya dah Open Source, mudah digunakan, dan juga banyak tersedia aplikasi maupun game untuk Sistem Operasi ini. Android sebenarnya juga mempunyai fitur-fitur keren yang hanya bisa kita lakukan apabila Android kita sudah diroot, seperi menampilkan nav bar seperi di hp Xperia series, Mengubah bootanimation semau kita, mengubah backround pada pengaturan, dan masih banyak lagi. .



Apa itu Root dan Keuntungannya ?


Apa itu Root pada Android ? Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


      Nah , Apa itu Root ? Root di Android prinsipnya sama dengan Hack di Symbian, atupun Jail Break di I-phone yaitu sama-sama memodifikasi,mengubah, ataupun meng-update ROM (Read Only Memory) atau Ruang Penyimpanan Data Android Kita, jadi perumpamaannya kalo Android kita sudah di root, ibarat kita itu keluar dari Kurungan yang membatasi kita, jadi setelah kita keluar dari kurungan tersebut, kita bisa bertindak lebih bebas daripada saat masih di kurungan, kurang lebih seperti itulah, maaf ya kalo gak mudeng, gw agak bingung mengutarakannya gimana :v, tapi kurang lebih seperti itulah.
   
      Keuntungan yang kita dapatkan jika sudah mendapat hak akses root adalah :

1.  Kita dapat mengunduh berbagai macam aplikasi yang tidak bisa kita unduh saat masih belum diroot , baik itu dari Playstore sampai dari tempat download ilegal dapat kita unduh.

2. Kita dapat dengan bebas memodifikasi tampilan android semau kita, dari pemasangan tema, mengubah boot animation, mengubah tampilan drawer notifikasi, mengubah status bar , dan masih banyak lagi , tergantung dari kreativitas kita

3. Mengganti Custom ROM, yah prinsipnya sama kayak instal ulang komputer , bedanya kalo di android itu dah dimodif ,  misalnya aja HP-mu itu Andromax C2 (Hp gw ini) diinstal Custom ROM Xperia biar makin kece. Tapi sebelumnya kita harus instal CWM terlebih dahulu (Akan kita bahas lain kali) dan akses root tentunya.

4. Menambah fitur-fitur yang keren yang tak ada saat hp kita belum diroot, seperti mengubah warna lampu notifikasi, menambah tombol restart, dan lain lain

5. Dan masih banyak lagi tentunya, tapi entar kepanjangan, jadi segitu aja


Resiko atau Kelemahan Root pada Android

      Masih banyak orang yang menganggap kalo hpnya di root, hpnya bakal jadi rusak, bakal jadi gak karuan, bahkan khawatir kkalo hp-nya bisa jadi meledak gara2 diroot , LOL :v. Gak seperti itu juga sih, tapi yang namanya Root sudah pasti mempunyai beberapa kekurangan, seperti :

1. Mereset atau mengembalikan Android kita menjadi seperti baru lagi , tapi itu cuma berlaku kalo kita instal Custom ROM, kalo nggak instal ya gak sih.

2. Menghilangkan garansi, gampang sih kalo misalnya mau mengembalikan garansi, tinggal di Unroot lagi aja hpnya

3. Resiko Bootlop,softbrick, ataupun Hardbrick. Hal itu dapat terjadi jika kita gak berhati-hati saat menguprek-uprek atau memodifikasi android kita. Bisa saja salah satu file systemnya kehapus dan mengakibatkan Bootlop maupun brick,  ya intinya hati-hati aja kalo mau modif hp kita, bisa fatal entar. Kalo terlanjur bootlop, akan kita bahas lain kali cara mengemnalikan Android yang bootlop atapun brick.

4. Terkena Malware , yah dengan android kita di root, otomatis sistem kita menjadi terbuka dan rentan dengan malware, tapi kalo versi android-android terbaru seperti kitkat dan lollipop hal seperti ini sih jarang terjadi karena keamanannya yang sudah ditingkatkan

     Nah itu kelebihan dan kekurangan yang gw alami waktu memakai android hingga saat ini. Setelah kalian mengetahui Apa itu Root beserta kelebihan dan resikonya, Apakah kalian ingin Me Root hp kalian ? itu terseraj kalian, karena keputusan ada di tangan kalian selaku pemiliknya wkwkwkw. Apabila ada yang bingung , silahkan hubungi ane, ane juga terima curhat loh wkwkw bercanda.


Sekian Artikel kali ini , semoga bermanfaat bagi kita semua, sampai berjumpa lagi di Postingan selanjutnya !

Thanks for reading my news about Apa itu Root pada Android ? Beserta Kelebihan dan Kekurangannya at my blog GETPCGAMESET if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :