5 Hal Kecil Yang Sering Kita Lupa Lakukan Untuk Orang Tua

5 Hal Kecil Yang Sering Kita Lupa Lakukan Untuk Orang Tua


   sifat lupa itu nggak lantas membuat kamu melewatkan beberapa hal kecil yang seharusnya kamu lakukan ke orang tua kamu. Yaitu hal-hal di bawah ini…



1. Cium Tangan Sebelum Mau Pergi














    






   Cium tangan sebelum pergi adalah sebuah ritual sederhana yang sakral untuk dilewati. Cium tangan itu berarti kita meminta izin dan doa baik dari orang tua supaya diberi kelancaran dan dijauhi malapetaka, bukan cuma minta uang jajannya aja. Dasar.

   Emang butuh waktu berapa lama sih untuk cium tangan sebelum pergi itu? Nggak lebih dari satu menit cuma buat nyamperin nyokap dan bokap, lalu mencium tangannya sambil tersenyum dan berkata, “Pah, Ma, aku berangkat dulu ya.”    

    Kebangetan sih kalo nggak dilakuin, kecuali kalo kamu merantau dan tinggal jauh dari kedua orang tua. Kamu nggak pernah tau hari menyenangkan yang kamu jalani berasal dari doa dan permohonan mereka.


2. Mengucapkan Terima Kasih Untuk Makanan yang Dimasakin


      Berbahagia dan bersyukurlah kamu kalo punya orang tua yang masakannya enak. Selain ngirit pengeluaran, kamu pun ngerasain cinta mereka dalam bentuk yang mengenyangkan perut. Nggak sadar kan? Iyalah, taunya cuma kenyang doang.


      Kalo udah kenyang, terus apa? Langsung tidur? Main gadget? Atau Pergi? Duh, tau diri dong jadi anak. Pikirin deh, kamu makan di warteg aja ngucapin terima kasih sama si Mbak/Masnya yang ‘orang lain’, lha kok sama orang tua sendiri nggak ngucapin?



      Kita bahas secara rinci. Mulai dari belanja (berangkat-nawar harga sampe ngeluarin urat-ngeluarin uang-pulang), masaknya (ngeluarin tenaga buat kedombrangan di dapur, nggak jarang kecipratan minyak panas atau jarinya gak sengaja gergaji mesin pas motongin cabe), dan menyajikan makanan seenak mungkin demi mengenyangkan perut kamu.



      Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah lupa mengucapkan terima kasih dan memuji makanan yang orang tua kamu masak dengan begitu antusias. “INI MAKANANNYA SUPER DUPER ENAK! KAYAK MAKAN MAKANAN SURGA!”


… Meskipun hanya mie rebus dan kamu belum pernah ke surga.


3. Minta Maaf Setelah Membuat Mereka Marah


      Okay, begini, jangan karena merasa kamu adalah anaknya yang udah pasti disayang, itu bikin kamu berpikir bahwa membuat mereka marah adalah hal remeh yang sudah pasti dimaafkan tanpa perlu meminta maaf.


      Kamu nggak pernah tau bagaimana sakit hati dan kekecewaan yang orang tua rasakan ketika kamu membuat mereka marah. Apakah kalimat sesederhana “Pah, Ma, maafin aku ya udah bikin marah.” Itu berat dan sulit diucapkan? Kenapa? Gengsi? Males? Nggak penting?


      Ah, ya, kata ‘maaf’ memang mahal untuk diucapkan. Namun apakah itu juga berlaku terhadap orang tuamu sendiri yang hingga detik ini membiayai kehidupanmu?




4. Ngasih Kabar Duluan


      Admit it, kamu sering lupa kan ngasih ke orang tua? Tapi giliran berkabar sama gebetan atau pacar mah getol banget, bahkan ngetiknya lebih cepet dari kecepatan cahaya supaya doi nggak bete kelamaan nunggu.


      Tapi giliran sama orang tua, boro-boro deh ngasih kabar duluan. Mau ngetik pesan aja rasanya jempol kayak tiba-tiba dikutuk jadi batu ginjal, dan ngerasa sayang banget ngeluarin pulsa yang padahal nggak kurang dari 500 perak. Emang di mana letak berat dan salahnya ngasih kabar duluan untuk memberi tau mereka bahwa kamu baik-baik saja?



      Taukah kamu orang tua di rumahmu cemas dengan keberadaanmu? Saking cemasnya, mereka hanya bisa berdoa dan akhirnya nelpon atau sms kamu duluan. “Kamu lagi di mana, Nak? Kok belum pulang,” “Kamu seharian ini ke mana? Mama khawatir.”


Itu pun cuma kamu baca doang.



5. Meluangkan Waktu Bersama Mereka



      Sehari dalam dua puluh empat jam dan tujuh hari dalam seminggu, seolah kesibukan kamu sekolah/kuliah, online medsos dan ngumpul sama teman-teman menyita semua waktu kamu untuk diri sendiri.



      Coba flashback ke masa kecil kamu deh. Betapa orang tua kamu dulu mati-matian menghabiskan waktunya untukmu. Saat masih bayi, mama kamu rela begadang tiap harinya demi menjaga kamu dan papa kamu selalu berusaha pulang lebih cepat dari kantornya serta merelakan waktu istirahatnya demi bisa menemani kamu. Apakah ingat? Mama dan papa kamu hidup demi menghidupimu.

      Sekarang kamu udah gede, udah sibuk dengan urusan sendiri. Tapi nggak ada salahnya kan inget untuk meluangkan waktu bersama mereka? Nemenin mama belanja atau masak, minjitin papa kamu sepulang kerja, dan jalan-jalan sama mereka saat weekend. Satu hari aja digunain buat quality time sama keluarga, itu pasti bikin orang tua kamu senang.

… Sebelum kamu nggak punya kesempatan dan menyesal nggak pernah ada untuk mereka, saat mereka masih ada.

      Harta yang paling berharga adalah kedua orang tua, karena kalo nggak ada mereka, kamu nggak bakal ada.



Nah, udah inget kan sekarang? Tunggu apa lagi? Segera lakukan sesering mungkin selagi Agan ingat dan punya waktu, jangan dientar-entarin, nanti keburu lupa lagi. Kalo Agan mau nambahin hal lainnya, Boleh Dishare ya, biar kita saling ngingetin. 

Sumber : Kaskus

Sekian Postingan Kali ini , Semoga dapat menambah kesadaran kita akan betapa pentingnya arti Menyayangi Orang Tua , Sampai Jumpa di Postingan Berikutnya !! 

Thanks for reading my news about 5 Hal Kecil Yang Sering Kita Lupa Lakukan Untuk Orang Tua at my blog GETPCGAMESET if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :