CARA CUSTOM DOMAIN DENGAN SUBDOMAIN DI BLOGGER / BLOGSPOT MELALUI CPANEL !

Custom domain dengan subdomain juga bisa diterapkan untuk blog berplatform blogger (blogspot). Custom domain ialah mengganti alamat blog asli blogspot dengan domain anda sendiri. Namun, yang akan kita lakukan untuk custom domain tidaklah menggunakan domain utama melainkan menggunakan subdomain yang telah kita buat sebelumnya di cpanel hosting.

Custom domain dengan subdomain merupakan tips mudah bagi anda yang tidak ingin membeli domain baru sebagai alamat blog, tapi cukup memanfaatkan subdomain dari domain utama yang sudah dimiliki sebelumnya. Tentu saja ini juga bisa lebih hemat dalam pengeluaran dari pada membeli domain baru. Dari satu domain utama saja, kita bisa membuat banyak subdomain. Hal tersebut juga bagus untuk efeknya untuk domain utama anda.

Hal penting yang harus dipersiapkan adalah sebuah blog dari blogger, jika belum mempunyai blog gratis dari blogger anda bisa membuatnya terlebih dahulu (lihat cara : panduan membuat blog di blogger). Setelah itu, yang harus dilakukan ialah membuat subdomain di cpanel hosting. Apabila kedua hal tersebut sudah dilakukan, maka berikut ini langkah langkahnya :

1. Buatlah sebuah subdomain terlebih dahulu (anda bisa melihat cara membuat subdomain di cpanel hosting)

2. Masuk pada Dasbor Menu Blogger blog Anda - kemudian pilih menu SETELAN - lalu klik SIAPKAN URL PIHAK KE-3 UNTUK BLOG ANDA.



2. Ketikkan alamat subdomain yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian klik SIMPAN.


3. Setelah itu akan muncul pemberitahuan kesalahan 12. Itu artinya Anda harus merubah record / CNAME subdomain di cpanel hosting. Perhatikan gambar dibawah ini :
Kotak merah pertama (copy pastekan ke CNAME 1 pada subdomain anda di Cpanel)
Kotak merah kedua (copy pastekan ke CNAME 2 pada subdomain anda di Cpanel)
Jangan klik SIMPAN sebelum edit Record di Cpanel Hosting.


4. Buka tab baru, kemudian LOG IN ke Cpanel Hosting Anda, pada menu Domains, pilih ADVANCED DNS ZONE EDITOR.


5. Scrol kebawah dan klik EDIT recordnya pada subdomain yang ingin dicustomkan ke blogger...


6. Pada opsi kolom TIPE, cari dan pilih CNAME. Dan isikan ghs.google.com pada kotak CNAME (kode yang terlihat pada cara nomor 3 diatas)


7. Jika berhasil maka akan nampak seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik EDIT RECORD.


8. Sekarang untuk CNAME kedua. Pada kolom NAME isikan kode kombinasi huruf yang tertulis pada "kesalahan 12" di dasbor blogger (lihat gambar pada cara nomor 3). Contoh kode kombinasinya fljmnk3qrwxxxx.... Kemudian pada kolom TYPE pilih CNAME, dan masukkan ....dv.googlehosted.com (seperti yang tertera pada gambar cara nomor 3) pada kolom CNAME tersebut.


9. Terakhir klik EDIT RECORD.


10. Kembali lagi ke Dasbor blogger dan klik SIMPAN.



10. Custom / setting domain blogspot dengan subdomain sendiri sudah selesai.


Demikianlah cara custom domain dengan subdomain di blogger melalui Cpanel. Biasanya membutuhkan waktu tidak sampai 5 menit, agar blog dengan alamat subdomain anda sendiri bisa diakses. Cara yang cukup mudah bukan ?
semoga bermanfaat :)
Thanks for reading my news about CARA CUSTOM DOMAIN DENGAN SUBDOMAIN DI BLOGGER / BLOGSPOT MELALUI CPANEL ! at my blog GETPCGAMESET if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :